CARA MERAWAT BULU KUCING

MEMANDIKANNYA

Sebelum dimandikan, kucing berbulu panjang sebaiknya disisir terlebih dahulu. Tujuannya agar terhindar dari bulu yang kusut dan gimbal. Bulu gimbal jangan digunting, tetapi diurai dengan tangan ataupun alat pengurai. Selanjutnya, kuku kucing dipotong agar terhindar dari cakaran saat memandikannya.
Untuk mandi jamur, terlebih dahulu bagian – bagian yang sakit di seluruh tubuh. Jamur biasanya menyerang di bagian dagu, ketiakan, lipatan paha, telapak kaki, ekor, dan pangkal ekor. Tungau scabies yang paling saling menyerang di bagian telinga luar dan ujung – ujung telinga dalam.

Tahapan memandikan kucing :

 

  1. ambil kucing dari kandang dengan lembut.
  2. Basahi seluruh tubuh kucing dengan air. Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit.
  3. Tuangkan sampo pada bulu yang basah, lalu ratakan dengan cara memijat lembut, mulai dari belakang telinga dan bawah dagu, lalu menyebrang ke punggung, perut, kaki dan ekor.
  4. Setelah sampo merata, sikat dan bersihkan bagian tubuh yang lain seperti kaki dan muka dengan sikat gigi. Selanjutnya, bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih.
  5. Untuk bagian kepala, berikannsampo bayi atau sampo yang tidak pedih di mata agar bulu wajah bersih dan mengembang.
  6. Khusus untuk kucing berbulu warna tertentu digunakan sampo warna. Misalnya, sampo blue/super white untuk kucing puith. Tujuannya agar warna bulunya semakin muncul.
  7. Ulangi menggunakan sampo 2 – 3 kali, kemudian bilas sampai bersih.
  8. Tambahkan sampo protein jika bulu cenderung kering agar bulu tidak tampak kering atau mudah patah, lalu bilas hingga bersih.
  9. Setelah mandi, keringkan dengan kain atau handuk ataupun bahan yang menyerap air dengan baik.
  10. Selanjutnya keringkan kucing dengan pengering(hair dryer) atau blower sambil disisir. Lakukan dimulai dari bagian bawah perut, kaki, dan tangan, lalu menyebar ke ekor, punggung dan bagian dagu sekitar wajah hindari penyemprotan langsung ke arah telinga dan wajah kucing. Hal tersebut akan menyebabkan kucing menghindar. Pastikan bulu dan seluruh bagian tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama bagian bulu yang tebal seperti daerah perut kaki belakang, dan daerah antara kaki belakang pangkal ekor, dan telapak tangan. Pengeringan yang tidak sempurna akan menyebabkan jamur pada kucing

GROOMING

  1. Alat Grooming

Mempersiapkan perawatan untuk merawat kucing juga penting terutama yang harus ada adalah perlengkapan (grooming). Sisir dan brush handy adalah mutlak apapun jenis kucing yang dipelihara. Sisir untuk kucing long hair adalah kebutuhan dan digunakan setelah bulu kucing disikat terlebih dahulu. Biasanya menggunakan sisir dan sikat yang biasa digunakan untuk manusia. Untuk kucing short hair pilihlahn sisir yang lebih lembut. Sikat yang bergigi pendek juga efektif untuk membersihkan kutu yang menempel di tubuh kucing.

  1. Cara Grooming

Menyisir dan menyikat secara teratur akan membantu menimalisasi terbentuknya hairball (masalah bulu kucing yang sebenarnya). Dengan menyisir, akan terhindar dari jamur dan menekan jumlah bulu yang menempel di sofa rumah dan lantai rumah.

Tahap – tahap merawat bulu kucing :

  1. tepuk dan belai bagian punggung kucing dengan lembut sebelum disisir dan disikat.
  2. Sisirlah bulu di bagian perut dan kaki terlebih dahulu.
  3. Lanjutkan penyisiran ke kepala bagian atas hingga bawah, lalu ke punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor, lakukan penyisiran balik arah agar bulu – bulu yang mati terangkat.
  4. Berikan bedak bubuk dengan rutin (seminggu sekali). Tujuannya agar lemak dan kotoran terangkat.
  5. Pisahkan gumpalan bulu setelah ditaburi dengan bedak bubuk, kemudian angkat gumpalan bulu dengan tangan hingga terpisah menjadi helaian – helaian.
  6. Sisirlah bulu bagian leher dengan arah bolak balik agar mengembang.
  7. Sikatlah bulu dari kepala hingga ekor untuk mengangkat bulu yang mati secara bertahap.
  8. Sikatlah kembali bulu ekor perlahan – lahan kea rah luar pada bagian yang sama

Membersihkan Mata

Tahap – tahap :
1.   Siapkan bahan untuk membersihkan mata seperti kapas, cotton b        ud, atau tissue yang lembut, basahi bahan dengan air hangat.
2.   Pegang kepala kucing dengan lembut tetapi mantap agar kucing tidak meronta. Condongkan sedikit kepalanya agar kotoran dan sudut mata terlihat jelas.
3.   Usapkan mata dengan kapas atau bahan lain yang lembut. Bersihkan secara perlahan hingga bersih dari kotoran mata atau noda yang menempel di sekitar mata.
4.   Usapkan kembali mata dengan tissue atau kain. Jika saat membersihkan mata terlihat keanehan, seperti mata merah, segera hentikan. Jika parah segera hubungi dokter.

Merawat Hidung

Tahap – tahap :

1.Peganglah kepala kucing dengan lembut dan manta

2. Gunakan tissue yang sebelumnya dibasahi dengan air hangat agar tidak kasar dan melukai hidung.

3. Bersihkan perlahan – lahan hidung dari atas ke bawah dengan lembut.

Merawat Telinga

  1. peganglah telinga dengan lembut dan mantap, lalu buka daun telinga.
  2. Bersihkan telinga dengan kapas atau cotton bud yang telah diberi baby oil agar tidak kasar.
  3. Bersihkan sisa kotoran di telinga bagian luar dengan menggunakan kapas yang sudah diberi alcohol atau cairan pembersih sejenis hingga semua kotoran terangjkat.
  4. Untuk telinga bagian dalam, bersihkan dengan hati – hati agar kotoran tidak terdorong ke dalam telinga. Selain itu, jangan mengorek telinga terlalu dalam karena dapat melukai kucing.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s