MENJAGA KESEHATAN KUCING

Kesehatan adalah segalanya, baik bagi manusia maupun hewan, termasuk kucing. Ketika sakit, apapun tidak dapat dilakukan. Akibatnya, semua aktivitas terhambat. Makan pun jadi tidak sberelera saat sakit.Hal ini terjadi juga pada kucing. Ketika kucing sakit, aktivitas menurun, tidak nafsu makan, tidak agresif, dan tidak menyenangkan. Oleh karenanya, kesehatan adalah hal yang utama. Menjaga kesehatan sebenarnya mudah jika benar – benar memelihara dan menjaga sanitasi, baik kandang maupun area sekitar dengan rutin.

  • MENJAGA SANITASI KANDANG

Kandang kucing sama sepert irumah bagi manusia. Jika kebersihan tidak dijaga, penyakit pun akan mudah datang dan menyerang. Membersihkan kandang sangatlah penting demi keselamatan kucing dan pemilik. Sanitasi kandang harus dijaga dengan baik agar terhindar virus virus yang mematikan bagi kucing. Meskipun virus tersebut tidak sepenuhnya berbahaya bagi manusia tetapi sebaiknya menghindari segala kemungkinan yang terjadi. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk menjaga sanitasi kandang.

1. Pindahkan kucing saat proses pembersihan sanitasi berlangsung

2. Periksalah lantai maupun dinding kandang pastikan semuanya bebas dari kotoran yang menempel

3. Siapkan air bersih, kain, dan bahan pembersih yang mengandung desinfektan untuk disemprotkan.

4. Mulailah menyemprotkan seluruh bagian kandang dengan zat pembersih dan desinfektan.

5. Gosok dinding dan lantai dengan bahan yang telahtersedia. Jika ada kotoran yang membandel segeralah menggosoknya sampai hilang.

6. Cuci tempat makan dan tempat minum kucing.

7. Periksalah kandang setiap kali memberi makan dan minum. Jangan biarkan ada kotoran menempel terlalu lama dalam kandang.

8. Cuci dan bersihkan litter tray secara berkala. Karena litter tray merupakan tempat bersarangnya bakteri dan virus. Rendamlah litter tray selama 30 menit dengan desinfektan.

  • MEMBERIKAN VAKSINASI

Seperti halnya manusia kucing juga harus diberikan vaksinasi untuk mencegah virus virus tertentu yang dapat mematikan bagi kucing.

A. Tentang vaksinasi

vaksinas imerupakan suntikan yang diberikan kepada kucing untuk mendeaktivasikan virus bahkan membunuh virus. Vaksin berperan penting dalam imun kucing.Vaksin akan merangsang terbentuknya antibody yang bermanfaat untuk melindungi kucing daripenyakit tujuannya agar kucing tidak terkenainfeksi. Vaksin efektif dalam menekan masuknya sejumlah penyakit, terutama virus. Jangan tunda lagi untuk segera melengkapi kucing kesayangan anda dengan vaksin.

B. Macam – macam vaksinasi :

  • live-virus

Merupakan patogen yang dimodifikasi untuk mencegah vaksin yang menyebabkan penyakit. Live – virus bermanfaat untuk mencegah herpes virus atau calici virus yang letaknya dibagian mata dan hidung.

  • Non – infectious (killed virus)

Penggunaannya kadang lebih aman dibandingkan vaksin live – virus. Selainitu, responimun yang dihasilkan oleh vaksin ini lebih rendah dan jangka waktunya cukup singkat. Vaksin ini diperlukan hanya sebagai sebuah substansi yang dapat membantu meningkatkan respon imun.

C. Penerapan vaksinasi

Ada 3 alasan pemberian vaksin penting yaitu sebagai berikut :

– Sebagai konsekuensi dari akibat penyakit (misalnya FPV).

– Penyakit sering menyerang dan menular (misalnya FHV-1 dan FCV).

– Infeksinya dapat berakibat buruk pada manusia (misalnya rabies).

Penyskit Keharusanvaksin ketersediaan
FHV-1
FCV
FPV
Harus ada, apapun kondisi kesehatan. KV, MLV, IN
Rabies Wajib, tergantung negaranya. KV, recombinant
Chamydophilia,
bordetella,
FIP
FeLV
FIV
Tidak harus, diperlukan tergantung individunya. MLV, KV
IN
IN
KV recombinant
KV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s